Peningkatan Kualitas, Produksi dan Penjualan Brem sebagai Produk Unggulan Kabupaten Madiun

Authors

  • Bi Asngali Politeknik Negeri Madiun Author
  • Evy Diah Andriani Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Kabupaten Madiun Author

Keywords:

brem, ekspor, pemasaran digital, produksi, UMKM

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi penopang utama perekonomian daerah. Ketahanan UMKM terbukti mendukung aliran keuangan dari kota ke daerah. Dengan kondisi tersebut, UMKM berhasil menjaga keberlangsungan perekonomian di daerah, bahkan perkotaan. Dalam konteks perekonomian, sektor industri memegang peranan penting di negara kita. Keberadaan sentra industri kecil dapat meningkatkan pendapatan daerah dan menciptakan lapangan kerja. Salah satu sentra industri kecil yang terletak di Madiun adalah sentra industri pembuatan brem. Industri kecil produksi brem sudah ada sejak awal kemerdekaan. Brem merupakan produk olahan dari fermentasi beras ketan yang dimasak, dan dalam pembuatannya dicampur dengan ragi untuk membantu menghasilkan tape. Proses pembuatan brem melibatkan penggunaan air fermentasi untuk menghasilkan brem sebagai produk makanan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap UMKM di Kabupaten Madiun, mendongkrak penjualan dan pendapatan sehingga mampu bertahan dalam persaingan ekonomi di era teknologi informasi, dan merumuskan strategi pemasaran baru. Inovasi yang dilakukan salah satunya adalah mendukung proses pemasaran digital melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, dan website, sehingga proses pemasaran tidak hanya mengandalkan cara manual dari toko ke toko tetapi juga lebih efektif melalui pemasaran online.

Downloads

Published

2023-11-16

Issue

Section

Artikel