Customer-Centric StrategyPengembangan Pariwisata DaerahDi Kabupaten Madiun

Authors

Abstract

Sektor pariwisata daerah merupakan sektor potensial yang harus dikembangkan untuk
meningkatkan sumber pendapatan daerah. Potensi kepariwisataan Kabupaten Madiun perlu
dikembangkan secara optimal. Daya tarik wisata keindahan alam dan cagar budaya yang dimiliki
Kabupaten Madiun dibutuhkan strategi pengembangan yang spesifik dan terencana. Sehingga,
Obyek Wisata Alam, Wisata Buatan, Wisata Religi, Wisata Sejarah dan Wisata Minat Khusus di
Kabupaten Madiun mampu meningkatkan kontribusi pada Produk Domestik Bruto (PDB). Kajian
ini menggunakan metode kualitatif untuk menggali data, menganalisis akar permasalahan, serta
merumuskan bagaimana strategi pengembangan sektor pariwisata Kabupaten Madiun. Formulasi
strategi kepariwisataan dapat dilakukan dengan tiga langkah yaitu suistainable tourism, konsepbenchmarking,
dan Madiun incorporated (harmony and synergy). Sedangkan implementasi strategi
meliputi dua hal. Pertama, program prioritas Kabupaten Madiun yang mencakup digital tourism,
homestay dan air accessibility. Kedua, dimensi pembangunan kepariwisataan daerah mencakup
program pembangunan kawasan strategis pariwisata, tantangan langkah ke depan serta direktiftips
pembangunan pariwisata daerah. Strategi pengembangan destinasi wisata meliputi tiga tujuan
yaitu customer satisfaction, customer retention/loyalty dan customer advocacy.

Downloads

Published

2023-09-26

Issue

Section

Artikel