Identifikasi Komoditi Unggulan Sektor Ekonomi Kabupaten Madiun

Authors

  • Dwi Bhakti Iriantini Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Manajemen Jawa Timur Author

Keywords:

produk unggulan,, ekonomi komoditi,, teori pertumbuhan wilayah,

Abstract

Konsep penetapan dan pengembangan produk unggulan di Kabupaten Madiun, mendasarkan pada teori pertumbuhan wilayah dan teori basis, maka faktor terpenting yang akan diamati adalah nilai ekonomi komoditi dan kontribusinya terhadap PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) Kabupaten Madiun. Selain kontribusi ekonomi komoditi, dibutuhkan juga struktur produksi di setiap kecamatan (15 kecamatan). Variabel pendukung lainnya dalam analisis data keseuaian ekologi di lokasi produk unggulan tersebut dikembangkan, jenis teknologi tepat guna yang dibutuhkan, ketersediaan tenaga kerja dan tujuan pemasaran produk tersebut. Produk unggulan yang ditetapkan melalui metode kuantitatif ini bisa berbeda dengan penetapan yang dilakukan oleh pemerintah daerah (SKPD/ Dinas) selama ini. Karena perbedaan sudut pandang atau cara analisisnya. Karena itu dimasukkan pertimbangan dan ketentuan peraturan pemerintah sebagai salah satu masukan dalam keseluruhan analisisnya. Untuk mewakili gambaran yang lebih akurat, maka data yang digunakan dalam analisis harus berupa data sekunder dan data primer. Terutama untuk data sekunder yang sebagian besar sumbernya dari pemerintah, SKPD terkait, maka data runtut waktu (time series data) minimal harus tersedia selama 5 tahun terakhir. Data primer dibutuhkan dari para pelaku usaha komoditi dan SKPD terkait sebagai acuan mengenai perkembangan terkini dan aspek teknis lainnya yang telah dijalankan hingga saat penelitian ini dilakukan.

Downloads

Published

2019-12-16

Issue

Section

Artikel