Analisa Review Capaian Indek Kepuasan Layanan Infrastruktur KawasanPermukiman Di Kabupaten Madiun

Authors

  • Darmawan Lahru Riatma Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret Author
  • Evy Diah Andriani Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Kabupaten Madiun Author

Keywords:

binamarga, IKLI, Review

Abstract

Pembangunan nasional tidak lepas dari pembangunan infrastruktur, terutama infrastruktur 
di daerah-daerah. Kabupaten Madiun merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang peduli 
akan pembagunan infrastruktur daerah untuk masyarakat Sejak dimulainya era desentralisasi, 
kewenangan untuk menentukan prioritas pembangunan daerah lebih banyak diberikan kepada 
pemerintah daerah, mengingat pemerintah daerah lebih memahami sarana dan prasarana yang 
dibutuhkan untuk meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat. Salah satu ukuran yang 
digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat atas pembangunan infrastruktur oleh 
Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah adalah lndeks Kepuasan Layanan lnfratruktur 
(IKLI). Tujuan penelitian ini adalah menganalisa dan review Indek Kepuasan Layanan 
Infrastruktur Kawasan permukiman Di Kabupaten Madiun. Metode penelitian pengukuran indek 
kepuasan layanan infrastruktur Kawasan permukiman Kabupaten Madiun terdapat enam 
tahapan, yaitu studi pustaka, desain survei, survei lapangan, penilaian survei, analisa gap dan 
penyajian data. Hasil penelitian sektor Air minum adalah sebesar 74,50 dengan kategori kurang 
Baik, dengan harapan masyarakat terhadap layanan infrastruktur adalah di angka 81,88 dengan 
kategori penting. Dari hasil analisa tersebut air minum masuk pada kategori prioritas utama 
untuk ditingkatkan layanannya, karena saat ini kurang bisa mewakili ekspektasi yang tinggi dari 
masyarakat. Pada sektor persampahan indeks kepuasan layanan persampahan adalah sebesar 
77,12 dengan kategori baik, dan indek harapan masyarakat adalah sebesar 79,34 dengan 
kategori penting. Pada sektor sanitasi indeks kepuasan layanan sanitasi adalah sebesar 95,90% 
dengan kategori baik, sedangkan indeks harapan masyarakat adalah sebesar 80,83 dengan 
katogori penting.

Downloads

Published

2023-06-22

Issue

Section

Artikel