Analisa Review Capaian Indek Kepuasan Layanan Infrastruktur KawasanPermukiman Di Kabupaten Madiun
Keywords:
binamarga, IKLI, ReviewAbstract
Pembangunan nasional tidak lepas dari pembangunan infrastruktur, terutama infrastruktur
di daerah-daerah. Kabupaten Madiun merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang peduli
akan pembagunan infrastruktur daerah untuk masyarakat Sejak dimulainya era desentralisasi,
kewenangan untuk menentukan prioritas pembangunan daerah lebih banyak diberikan kepada
pemerintah daerah, mengingat pemerintah daerah lebih memahami sarana dan prasarana yang
dibutuhkan untuk meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat. Salah satu ukuran yang
digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat atas pembangunan infrastruktur oleh
Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah adalah lndeks Kepuasan Layanan lnfratruktur
(IKLI). Tujuan penelitian ini adalah menganalisa dan review Indek Kepuasan Layanan
Infrastruktur Kawasan permukiman Di Kabupaten Madiun. Metode penelitian pengukuran indek
kepuasan layanan infrastruktur Kawasan permukiman Kabupaten Madiun terdapat enam
tahapan, yaitu studi pustaka, desain survei, survei lapangan, penilaian survei, analisa gap dan
penyajian data. Hasil penelitian sektor Air minum adalah sebesar 74,50 dengan kategori kurang
Baik, dengan harapan masyarakat terhadap layanan infrastruktur adalah di angka 81,88 dengan
kategori penting. Dari hasil analisa tersebut air minum masuk pada kategori prioritas utama
untuk ditingkatkan layanannya, karena saat ini kurang bisa mewakili ekspektasi yang tinggi dari
masyarakat. Pada sektor persampahan indeks kepuasan layanan persampahan adalah sebesar
77,12 dengan kategori baik, dan indek harapan masyarakat adalah sebesar 79,34 dengan
kategori penting. Pada sektor sanitasi indeks kepuasan layanan sanitasi adalah sebesar 95,90%
dengan kategori baik, sedangkan indeks harapan masyarakat adalah sebesar 80,83 dengan
katogori penting.