Kualitas Pelayanan Publik (Pasar Daerah) Dengan Partisipasi Masyarakat

Authors

  • Hamian Wadji Lembaga Konsultasi dan Asistensi Wahana Publik Jawa Timur Author

Keywords:

pelayanan publik, , pasar daerah,, partisipasi masyarakat,

Abstract

Pelayanan publik menjadi indikator kesuksesan sebuah daerah dalam menyelenggarakan roda pemerintahan.Pengaduan masyarakat sebagai entri point peningkatan kinerja aparatur dan organisasi perangkat daerah. Fokus pada kajian ini adalah kualitas layanan publik dalam hal ini pasar daerah di lingkup pemerintahan Kabupaten Madiun. Adapun stakeholder dalam kajian ini adalah seluruh elemen masyarakat yang pernah melakukan aktivitas di pasar daerah yang dijadikan sampel. Hasil dari kajian ini memberikan gambaran riil tentang persoalan yang harus diselesaikan berbasiskan pengaduan dari pengguna layanan dan upaya upaya konkrit dan terukur dari penyedia layanan serta adanya komitmen dari pengambil kebijakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pasar daerah kepada masyarakat. Masih banyak upaya yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah dalam rangka peningkatan kualitas layanan yang diberikan maka kepercayaan masyarakat untuk berbelanja dan berdagang di pasar daerah dapat dijaga dan ditingkatkan agar ekonomi masyarakat dapat berkembang lebih baik.

Downloads

Published

2019-12-16

Issue

Section

Artikel