Peningkatan Pemahaman Matematika Siswa melalui PALINTAR (Puzzle Perkalian Pintar) pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Muhammad Arizal Abyan SDN Segulung 4 Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun Author

Keywords:

perkalian, siswa SD, media puzzle, palintar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas 3 SD pada materi perkalian dengan memanfaatkan Puzzle Perkalian Pintar. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 3 SDN Segulung 04 Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun. Berdasarkan hasil validasi dari sejawat media Palintar dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran dikelas. Hasil analisis data dari nilai pretest dan postest siswa didapatkan kenaikan rata-rata diangka 20. Media pembelajaran Puzzle ini membuat peserta didik lebih aktif dan kreatif karena peserta didik akan tertantang untuk berkompetisi dengan temannya dalam menyusun perkalian dengan tepat dan cepat.

Downloads

Published

2021-12-16

Issue

Section

Artikel