Optimalisasi Pencegahan Kesalahan pemberian Obat pada Pasien di Pelayanan Farmasi Puskesmas
Keywords:
kesalahan pemberian obat, pelayanan farmasi, puskesmasAbstract
Puskesmas sebagai usaha untuk mewujudkan pelayanan Kesehatan yang merata, bermutu dan adil bagi setiap warga negara Indonesia. Pelayanan farmasi menjadi salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari penyelenggaraan operasional Puskesmas. Kejadian kesalahan dalam pemberian obat yang mengakibatkan Kejadian yang Tidak Diinginkan (KDT) dan Kejadian Nyaris Cidera (KNC) menjadikan Puskesmas Klagenserut sebagai tempat penelitian. Penetapan SOP pemberian obat kepada pasien dengan mengedepankan asas kehati-hatian, peningkatan pemahaman petugas terkait dengan SOP, pengadaaan sarana dan prasarana penunjang, dan sosialiasai dilakukan secara massif oleh Puskesmas dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap publik. Evaluasi diberikan dengan memberikan survey terahadap pasien yang mendapatkan pelayanan kefarmasian di Puskesmas Klagen Serut dengan Kinerja Mutu Pelayanan Sangat Baik.