ANALISA DAN STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA HUTAN PINUS NONGKO IJO DI KABUPATEN MADIUN

Authors

  • Yoga Adi Pratama Tata Matra Author
  • Nur Susanti Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Kabupaten Madiun Author

Keywords:

SWOT, EFAS dan IFAS, Nongko Ijo

Abstract

Pemerintah Kabupaten Madiun melalui Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga sangat serius dalam mengembangkan wisata potensial di selingkar wilis. Salah satu objek wisata potensial yang bisa menjadi alternatif adalah hutan pinus Nongko Ijo. Hutan pinus Nongko Ijo merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di lereng Gunung Wilis sisi barat, tepatnya di Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun Jawa Timur.
Oleh karena itu, kajian lebih dalam tentang Analisa dan strategi pengembangan pada masing-masing wisata perlu dilakukan guna menjadi pedoman, arahan sekaligus sebagai acuan bagi Dinas Pariwisata dan stakeholder pemerintah Kabupaten Madiun untuk melaksanakan penataan dan pengembangan wisata hutan pinus Nongko Ijo. Proses kajian dilakukan menggunakan Metode Analisa deskriptif, Metode Analisa SWOT, serta Metode Analisa EFAS dan IFAS.
Berdasarkan dari hasil analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa rencana pengembangan wisata hutan pinus Nongko Ijo adalah berkolaborasi dengan perkebunan Kopi Kandangan, Kecamatan Kare. Area prioritas ini dibagi menjadi lima zona kegiatan wisata, yaitu: 1) zona pusat informasi dan pelayanan, 2) zona kampung kopi, 3) zona pariwisata edukasi kopi, 4) zona ekowisata hutan, dan 5) zona homestay.

Downloads

Published

2022-11-16

Issue

Section

Artikel